Terbang perdana Zerotech Dobby drone

Saya termasuk yang berpendapat bahwa drone adalah barang yang pengoperasiannya harus ada pengaturan khusus. Jika perlu diberlakukan semacam surat ijin mengoperasikan drone. Seperti di Jerman untuk memancing tidak boleh sembarangan, harus ada “SIM” semacam surat ijin memancing. Untuk pengoperasian drone tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan aspek keselamatan karena drone dapat mengenai orang lain jika pilotnya kurang terlatih. Selain itu harus memperhatikan juga aspek etika karena drone mempunyai kamera yang dapat merekam dengan sasaran pandang yang luas, sehingga dapat mengganggu privasi orang lain.

Sudah lama sebenarnya saya ingin memiliki drone, namun karena beberapa hal di atas saya selalu mengurungkan niat untuk memilikinya. Hingga akhirnya mulai populer selfie drone yang fungsinya lebih banyak untuk selfie layaknya tongsis namun bisa memberikan efek aerial untuk foto dan video hasil rekamannya. Drone jenis ini umumnya sangat ringan dan tidak bisa terbang terlalu tinggi sehingga saya pikir lebih aman. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli selfie drone Zerotech Dobby.

Drone Dobby ini sangat ringan, beratnya hanya 199 gram dan dapat terbang hingga ketinggian optimal 20 m saja, walaupun bisa saja terbang lebih tinggi hingga 50 m. Untuk penerbangan tinggi drone ini kurang cocok karena akan menghadapi angin yang lebih kencang. Walaupun tidak akan terbawa angin kencang karena sudah dilengkapi GPS untuk mengunci posisi saat outdoor, terbang dalam kondisi angin kencang akan berakibat pada kurang bagusnya video yang direkam.

Fitur-fitur Dobby drone ini cukup lumayan seperti short video dengan gerakan menjauh pada sudut tertentu, panorama, orbit, target tracking, dll. Review tentang drone ini cukup banyak di internet, jadi saya tidak akan memberikan review tentang fitur-fitur drone ini.

Jumat 17 Agustus 2018 bertepatan dengan hari kemerdekaan RI dan long weekend, saya dan keluarga sempat jalan-jalan ke Pelabuhan Ratu dan kawasan Geopark Ciletuh. Rute yang kami lalui adalah Bandung – Cianjur – Sukabumi – Pelabuhan Ratu. Kami menginap di Pelabuhan Ratu setelah menikmati indahnya sunset di sore hari. Di hari berikutnya kami lanjutkan perjalanan ke Puncak Dharma di kawasan Geopark Ciletuh, lalu ke Pantai Palangpang, beberapa air terjun yaitu Sodong dan Panenjoan. Untuk selanjutnya kami kembali melalui jalan lain yaitu melewati daerah Cigaru – Loji – Pelabuhan Ratu dan kemudian ke Bandung. Rute perjalanan selama touring seperti terlihat di gambar berikut:

Jalur perjalanan di Pelabuhan Ratu – Ciletuh

Gambar berikut ini adalah drone Dobby yang sedang melakukan terbang perdana outdoor. Hasil rekaman videonya ditampilkan beberapa di bawahnya.

Dobby drone in action