Saya setiap tahun mudik ke Yogya saat lebaran. Perjalanan dari Bandung ke Yogya biasanya lancar sebelum hari H lebaran. Namun saat balik dari Yogya ke Bandung selalu macet parah di Kebumen dan di Tasikmalaya. Walaupun beberapa tahun terakhir sudah beroperasi lingkar Gentong, tetap saja lebaran tahun 2015 kami memerlukan waktu 30 jam non-stop perjalanan Yogya-Bandung.

Telat nulis hampir setahun, namun tidak apa-apa semoga jalur alternatif yang saya tulis ini bermanfaat bagi yang tidak ingin bermacet-macet. Pada lebaran Juli 2016 lalu saya memilih jalur alternatif pantai selatan untuk kembali dari Yogya ke Bandung. Jalurnya adalah Kulonprogo (Pantai Glagah) – Kebumen (Ambal – Petanahan) – Cilacap – Jeruklegi – Kubangkangkung – Gandrungmangu – Sidareja – Kedungreja – Patimuan – Jembatan Pancimas – Pangandaran – Pameungpeuk – Cikajang – Bayongbong – Kamojang – Majalaya – Bandung. Panjang rute yang saya lalui waktu itu total 528 km, lebih panjang sekitar 120 km dibandingkan jika melalui jalur reguler yang biasanya sekitar 410 km.

Perjalanan balik melalui jalur selatan waktu itu kurang lebih detilnya seperti ini:

  1. Jalan dari Kulonprogo H+4 mulai jam 05.00 dan sampai di Pangandaran sekitar jam 12.00 siang. Kondisi jalan cukup baik walaupun sempat ketemu jalan yang penuh tambalan di pantai selatan Kebumen. Di Petanahan kami memilih melingkar ke utara dan kemudian kembali ke selatan untuk menghindari Bukit Karangbolong yang kondisi jalannya ekstrim curam. Kondisi jalan yang menghubungkan kota Sidareja ke selatan arah Pangandaran sangat bagus dan mulus. Tadinya kami sempat ragu untuk melintas Sidareja – Kedungreja – Patimuan – Jembatan Pancimas karena tidak tahu sama sekali kondisi jalan dan tidak ada informasi yang didapat dari internet. Namun ternyata jalan di Kedungreja – Patimuan – Pancimas sangat bagus.
  2. Bersantai dan menginap di Pangandaran semalam.
  3. Melanjutkan perjalanan dari Pangandaran jam 10.00 pagi dan sampai di rumah Bandung sekitar jam 18.00. Kondisi jalan sangat mulus dan lebar dari Pangandaran, Cijulang, Pantai Cipatujah hingga Pameungpeuk. Kondisi jalan antara Pameungpeuk ke Garut lumayan kurang baik tapi masih bisa jalan kecepatan 40-50 km/jam. Kami menghindari kota Garut karena pasti macet kalau masuk jalur reguler. Kami dari Bayongbong langsung memotong ke arah kiri menuju Kamojang dan masuk Bandung melalui Majalaya, kondisi jalan cukup bagus.

Waktu perjalanan (tanpa istirahat menginap) yang kami perlukan sekitar 15 jam saja dari Yogya ke Bandung, jauh lebih baik apabila harus bermacet-macet ria 30 jam non-stop tanpa istirahat. Teman saya yang berangkat pada jam yang kurang lebih sama H+4 sekitar jam 5 pagi dari Yogya, sampai di Bandung sekitar jam 17.00 di hari berikutnya, hampir bersamaan dengan saya juga, namun teman saya tidak sempat istirahat.

Jalur pantai selatan sangat recommended bagi yang ingin menghindari kemacetan sekaligus berpetualang dan berwisata sepanjang pantai. Berikut di bawah ini kondisi jalan yang kami lalui di sepanjang jalur pantai selatan.

Rute Kulonprogo – Ambal – Petanahan – Cilacap – Sidareja – Pangandaran

Rute Pangandaran – Pameungpeuk – Bayongbong – Kamojang – Majalaya – Bandung

Kondisi jalan dari Sidareja ke Pangandaran

Kondisi jalan Pangandaran – Pameungpeuk

Leave a Reply